WELCOME TO SOENANDIYO BLOG'S

Ini Dia Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

ternyata kopi juga baik untuk kesehatan

Kopi sudah sejak dulu dikenal sebagai minuman berenergi, yang nikmat dan hangat dinikmati dikala lagi istirahat habis melakukan aktifitas. Sebagian besar orang merasa rileks dan rasa penat hilang seketika setelah satu seruput Kopi. Ada dua varietas kopi yang dikenal masyarakat, yaitu kopi robusta dan kopi arabica. Kopi arabica adalah varietas kopi yang dikenal paling tinggi kualitasnya, dan tentunya lebih mahal harganya daripada varietas kopi lainnya.
Kopi sudah dikenal sebagai minuman berenergi sejak 3000 tahun lalu atau 1000 tahun sebelum masehi. Semenjak itulah minuman yang dibuat dari ekstrak kopi ini dimanfaatkan masyarakat hingga kini, dan bahkan sudah sangat populer, dan seolah sudah membudaya dibanyak belahan dunia.

“Tahukah Anda bahwa Kopi bukan hanya minuman hangat dan energi, tetapi juga mungkin sangat baik untuk kesehatan Anda?.”
Dalam beberapa tahun terakhir dan beberapa dekade, para ilmuwan telah mempelajari efek kopi terhadap berbagai aspek kesehatan, dan hasilnya memang sungguh menakjubkan

Berikut adalah 7 alasan mengapa kopi bisa dikatakan sebagai salah satu minuman yang baik untuk kesehatan .

1. Kopi Bisa Membuat Anda lebih Pintar
Kopi tidak hanya membuat Anda bisa tetap terjaga,  namun kopi juga benar-benar bisa membuat Anda lebih pintar.
Bahan aktif dalam kopi adalah kafein, yang merupakan stimulan dan zat psikoaktif yang paling umum dikonsumsi di dunia.
Mekanisme utama kafein di otak yang menghalangi efek inhibitory neurotransmitter yang disebut Adenosin.Dengan menghalangi efek penghambatan Adenosin, kafein justru meningkatkan penembakan neuron di otak dan pelepasan neurotransmiter lain seperti dopamine dan norepinephrine .
Banyak percobaan yang telah meneliti efek kafein pada otak, menunjukkan bahwa kafein dapat memperbaiki mood, waktu reaksi, memori, kewaspadaan dan fungsi kognitif umum.
Intinya: Kafein bisa menghambat inhibitory neurotransmitter di otak, menyebabkan efek stimulan yang bersih. Percobaan terkontrol telah menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan fungsi otak dan menciptakan suasana hati yang baik (goodmood).

2. Kopi Dapat membantu Membakar Lemak dan Meningkatkan Kinerja Fisik
Kafein, sebagian karena efek stimulan pada sistem saraf pusat, baik meningkatkan metabolisme dan meningkatkan oksidasi asam lemak .
Kafein juga dapat meningkatkan kinerja atletik dengan beberapa mekanisme, termasuk dengan memobilisasi asam lemak dari jaringan lemak.
Dalam dua meta-analisis terpisah, kafein ternyata dapat meningkatkan kinerja latihan rata-rata sebesar 11-12% .
Intinya: Kafein meningkatkan tingkat metabolisme dan membantu untuk memobilisasi asam lemak dari jaringan lemak. Hal ini akan meningkatkan kinerja fisik.

3. Kopi Bisa menurunkan Risiko Diabetes Tipe II secara signifikan
Diabetes tipe II adalah penyakit berkaitan dengan gaya hidup yang sudah seperti epidemi, yaitu meningkat 10 kali lipat dalam beberapa dekade , dan sekarang sudah menjangkiti  sekitar 300 juta orang.
Penyakit ini ditandai dengan kadar glukosa darah yang tinggi akibat resistensi insulin, atau ketidakmampuan untuk memproduksi insulin.
Dalam studi observasional, kopi telah berulang kali dikaitkan dengan risiko rendah diabetes. Pengurangan risiko diabetes oleh kopi berkisar antara 23% hingga 67%.
Dari hasil Sebuah 18 studi yang melibatkan total 457,922 peserta, seperti yang ditulis pada sebuah artikel,  Setiap cangkir tambahan kopi per hari menurunkan risiko diabetes sebesar 7%. Semakin banyak orang minum kopi, makin rendah resiko terkena diabetes.
Intinya: Minum kopi dikaitkan dengan penurunan drastis risiko terkena diabetes tipe II hingga 50%. Hal ini karena kandungan Asam klorogenik bisa  merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin (hormon yang mengatur penyerapan gula ke dalam sel-sel). Zat lain dalam kopi yaitu trigonelin (pro vitamin B3) juga diduga membantu memperlambat penyerapan glukosa.

4. Kopi dapat menurunkan risiko Anda Alzheimer dan Parkinson
Tidak hanya  kopi dapat membuat Anda lebih pintar dalam jangka pendek,  namun juga akan  melindungi otak Anda pada masa  tua.
Penyakit Alzheimer adalah gangguan neurodegenerative yang paling umum di dunia dan merupakan penyebab utama demensia.
Dalam studi prospektif, peminum kopi memiliki risiko lebih rendah dari Alzheimer dan demensia sampai 60%  daripada yang tidak minum kopi.
Parkinson adalah gangguan neurodegenerative adalah  yang paling umum, yaitu yang ditandai dengan kematian neuron dopamin-menghasilkan di otak. Kopi dapat menurunkan resiko Parkinson hingga 32-60%.
Intinya: Minum Kopi dikaitkan dengan risiko yang jauh lebih rendah untuk terkena demensia dan gangguan neurodegenerative Alzheimer dan Parkinson.

5. Kopi juga Sangat Bagus Untuk Hati Anda
Hati adalah organ yang luar biasa, yang melakukan ratusan fungsi vital dalam tubuh. Hati sangat rentan terhadap gaya hidup modern  seperti kelebihan konsumsi alkohol dan fruktosa.
Sirosis adalah tahap akhir dari kerusakan hati yang disebabkan oleh penyakit seperti kecanduan alkohol dan hepatitis, di mana jaringan hati sebagian besar telah digantikan oleh jaringan parut.
Beberapa studi telah menunjukkan bahwa kopi dapat menurunkan risiko sirosis sebanyak 80%, efek paling kuat bagi mereka yang minum 4 cangkir atau lebih per hari. Kopi juga dapat menurunkan risiko kanker hati sekitar 40% .
Intinya: Kopi tampaknya bisa menjadi pelindung terhadap gangguan hati tertentu, menurunkan risiko kanker hati sebesar 40% dan sirosis sebanyak 80%.

6. Kopi Bisa mengurangi Risiko  kematian
Masih Banyak orang yang masih berpikir bahwa kopi tidak sehat. Namun Hal ini tidak mengherankan, karena mereka masih sangat umum dengan kebijaksanaan konvensional yang sebenarnya erselisih dengan apa yang sebenarnya telah dikatakan oleh banyak studi.
Dalam dua studi besar epidemiologi prospektif , minum kopi dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari kematian yang diakibatkan oleh banyak penyebab.
Efek ini sangat terlihat untuk penderita diabetes tipe II, satu studi yang menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko 30% lebih rendah dari kematian dalam periode 20 tahun.
Intinya: Konsumsi kopi telah dikaitkan dengan rendahnya risiko kematian pada studi prospektif epidemiologi, khususnya pada penderita diabetes tipe II.

7. Kopi kaya Dengan Nutrisi dan Antioksidan
Kopi bukan hanya air minum berwarna hitam. Banyak nutrisi dalam biji kopi , sehingga kopi layak untuk dijadikan minuman.Namun sebenarnya kopi masih mengandung lebih banyak lagi vitamin dan mineral.

Dalam Secangkir kopi mengandung:
6%  asam pantotenat (vitamin B5).
11% Riboflavin (vitamin B2).
2%  Niacin (B3) dan Tiamin (B1).
3%  Kalium dan Mangan.

Mungkin nampaknya tidak terlalu banyak, tetapi jika Anda minum beberapa cangkir kopi per hari maka ada akan mendapat lebih banyak lagi. Namun ini tidak berlaku pada semua sajian kopi.
Kopi juga mengandung sejumlah besar antioksidan. Bahkan, kopi adalah sumber terbesar dari antioksidan dalam diet Barat, dan baik dikombinasikan dengan buah dan sayuran penghasil antioksidan.
Intinya: Kopi mengandung beberapa vitamin dan mineral dalam jumlah yang layak. Dan Kopi juga merupakan sumber terbesar antioksidan dalam diet modern.

Perhatian:
Meskipun kopi dalam jumlah moderat baik untuk Anda, minum terlalu banyak juga bisa berbahaya. Beberapa hasil studi yang dikatakan diatas tidak menyebut tentang  efek samping minum kopi. Selain tidak minum kopi terlalu banyak, disarankan bagi penikmat kopi untuk tetap manganut pola hidup sehat dan olahraga.

Untuk memastikan agar kopi yang anda minum memiliki manfaat untuk kesehatan, sebaiknya tidak menaruh gula atau sesuatu lain yang tidak sehat pada kopi Anda. Jika kopi cenderung mempengaruhi masalah tidur Anda, maka sebaiknya jangan minum kopi pada sore hari atau menjelang tidur.
Apakah itu sudah cukup jelas bagi anda bahwa kopi bukanlah sesuatu yang dibuat sebagai hal yang jahat bagi kesehatan.

Terimakasih telah membaca Manfaat Kopi untuk Kesehatan, bagikan Jika menurut Anda bermanfaat melalui tombol SHARE FB/twitt/G+, agar mudah diketemukan bagi teman yang membutuhkan.Terimakasih!

(dari berbagai sumber)
Share this article :

Post a Comment

Silahkan tulis saran dan keripik pedasnya.. Hehehe..

 
Support : Info Hp | Metafisika | Puisi Hebat
Copyright © 2011. Soenandiyo Blog's - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger